KALAMANTHANA, Buntok – Baru menjabat Pelaksana Tugas Direktur PDAM Barito Selatan, Armadi menghadapi tantangan tak ringan. Beragam kritikan muncul tentang layanan PDAM, terutama melalui media sosial.
Salah satu kritikan itu adalah menyangkut meurunnya pelayanan dan pendistribusian air bersih kepada pelanggan. Kritikan itu menyebar setelah muncul postingan di media sosial facebook.
Kepada KALAMANTHANA, Armadi menyebutkan keluhan masyarakat itu dinilainya luar biasa. Meski baru dilantik lima hari lalu, itupun dalam kapasitas sebagai Plt Direktur PDAM, dia menegaskan akan mengkoordinasikan segala persoalan ini dengan pihak terkait.
Menurut Armadi, dirinya akan melakukan dan telah menyiapkan beberapa langkah sebagai antisipasi sebagian permasalahan yang ada. Salah satunya adalah keterkaitan layanan PDAM dengan kelistrikan.
Saat PLN melakukan pemadaman, otomatis pendistribusian air akan terhambat. Karena itu, pihaknya akan berupaya untuk memperbaiki genset yang kondisinya saat ini dalam keadaan rusak.
Armadi juga akan berupaya menggerakan atau menaikan daya listrik yang selama ini kurang asupannya untuk menggerakan pompa air yang lebih besar. Saat ini, pihaknya sudah melakukan penjajakan dengan pihak PLN. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini selesai,” katanya.
Dia pun menyarakan kepada pihak yang membidangi hal ini agar secepat mungkin bisa menyelesaikannya sehingga semuanya bisa berjalan sesuai rencana. Dengan begitu, bisa menggerakan pompa yang lebih besar agar penyaluran air bisa teratasi.
Selanjutnya, ungkap Armadi, PDAM Buntok juga akan mengatasi genangan limbah yang tersumbat dalam beberapa tahun ini. Limbah-limbah lumpur yang menumpuk itu dalam satu dua hari ini sudah bisa teratasi dengan aksi kerja untuk mengatasi limbah lumpur tersebut agar setelah bisa dialihkan ke tempat yang sesuai.
“Kalau limbah sudah teratasi, ketika menyedot air dari Sungai Barito takkan ada kendala lagi. Ketika membuat limbah pun, juga takkan ada kendala lagi,” tambahnya.
Dia juga mengimbau seluruh masyarakat Kota Buntok, khususnya bagi para pelanggan air bersih, agar ketika ingin menyampaikan keluhan ke depannya, diharapkan agar bisa menyampaikan keluhannya pada tempat-tempat yang wajar.
“Misalkan laporan dengan identitas dan nomor pelanggan yang jelas dan hal itu bisa disalurkan ke kantor PDAM sehingga semua bisa dikoordinasikan dan berjalan sebagaimana mestinya,” tambahnya. (fik)
Discussion about this post