KALAMANTHANA, Pulang Pisau– Keluhan warga Desa Tambak, Kecamatan Banama Tingang, Kabupaten Pulang Pisau terkait pelayanan kesehatan di desa setempat mendapat respon cepat dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pulang Pisau.
Baik masalah infrastruktur maupun tenaga kesehatan akan segera diatasi dalam waktu dekat.
Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pulang Pisau, dr Muliyanto Budiharjo saat dikonfirmasi terkait keluhan masyarakat akan masalah pelayanan kesehatan di Desa Tambak, Jumat (26/3/2021).
Dikatakan Muliyanto, bahwa bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Desa Tambak tersebut, adalah bangunan yang sudah berusia sekitar 20 tahun.
Bangunan tersebut juga sudah berdiri sejak wilayah tersebut masih bergabung dengan Kabupaten Kapuas.
“Untuk bangunan tersebut sudah berdiri sejak 20 tahun lalu” jelas Muliyanto.
Dia juga menambahkan, terkait kondisi banguan Pustu yang rusak tersebut, telah diusulkan perbaikan dan peningkatan pembangunannya pada Tahun 2021 ini.
Sehingga, dipastikan bahwa perbaikan dan peningkatan fasilitas di Pustu tersebut akan dilakukan pada Tahun 2022 mendatang.
“Untuk pembangunan kembali Pustu tersebut akan dilakukan pada Tahun 2022 mendatang, karena sudah disampaikan dan mendapat persetujuan untuk pembangunannya dari Kementerian Kesehatan RI. Untuk kondisi bangunan Pustu sendiri selama ini memang kurang dilaporkan ke kami” sebutnya.
Terkait masalah tenaga kesehatan (Nakes) yang ada di Desa Tambak, dia mengatakan bahwa telah ada Nakes yang bertugas di wilayah tersebut. Namun, dakuinya bahwa nakes di wilayah tersebut memang kurang aktif.
“Kami pastikan untuk tenaga kesehatan yang melayani masyarakat di Desa Tambak akan kembali aktif dalam menjalankan tugasnya untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat” tegas Kadinkes.
Selain itu, dia juga mengapresiasi informasi masalah keluhan masyarakat akan kurangnya pelayanan kesehatan di wilayah Desa Tambak.
Dengan adanya informasi tersebut, sehingga pihaknya dapat mengambil tindakan cepat untuk mengatasi keluhan masyarakat, khususnya dalam bidang pelayanan kesehatan.
“Informasi seperti ini sangat kami perlukan, sehingga apa yang menjadi keluhan masyarakat dapat segera ditindaklanjuti” pungkasnya.(app)
Discussion about this post