KALAMANTHANA, Sampit – Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Sutik SE menilai sejauh ini pelayanan publik masih belum maksimal dilakukan oleh pemerintah daerah melalui dinas teknisnya. Hal itu menurutnya disebabkan masih minimnya sosialisasi berkelanjutan terkait program pemerintah yang sudah berjalan hingga saat ini.
“Ada beberapa faktor penyebab yang kami lihat, salah satunya masih minimnya sosialisasi kepada masyarakat, terkait sistem pelayanan yang sebenarnya sudah sangat mudah untuk dilakukan, misalnya pelayanan di Dukcapil yang sudah bisa dilakukan memalui online, atau pembuatan kartu Pajak, NPWP semua serba mudah saat ini,” ujarnya Jumat (4/6/2021).
Dalam hal ini menurut legislator Partai Gerindra itu, perlu adanya program sosialisasi berkelanjutan terkait tata cara menggunakan media sosial ataupun internet kepada warga masyarakat agar tidak mendapat kendala ketika hendak berurusan melalui sistem online di lembaga pemerintahan.
“Apalagi saat ini pelayanan kita dibatasi oleh pandemi, jadi untuk memaksimalkannya harus ada upaya jemput bola, atau menerapkan sistem pelayanan publik melalui online, hanya saja harus benar-benar disosialisasikan secara berkelanjutan itu yang harus kami sampaikan,” tegasnya.
Disisi lain dia juga menejelaskan pelayanan instansi pemerintah saat ini sudah sangat baik, namun ada beberapa kendala yang dihadapi yaitu SDM masyarakat dan juga kurang kuatnya sosialisasi kepada masyarakat baik itu dengan pola jemput bola ataupun sistem online.
“Gunanya untuk mempermudah masyarakat memahami bagaimana caranya mendaftar melalui online, sehingga hal itu juga bisa mengurangi klaster Covid 19, kalau itu dimaksimalkan maka pelayanan publik kita akan semakin mantab,” tutupnya.(drm)
Discussion about this post