KALAMANTHANA, Buntok – Untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan air bersih di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, PDAM Tirta Barito Buntok berkomitmen untuk selalu menjaga kualitas air bersih.
Direktur PDAM Tirta Barito, Rona C Laki, melalui Kabid Tehnik H Muhidin kepada KALAMANTHANA Selasa (19/10/21) mengatakan, untuk menjaga kualitas air bersih yang didistribusikan kepada pihak pelanggan, berbagai upaya dilakukan oleh PDAM Tirta Barito Buntok.
Adapun upaya-upaya tersebut salah satunya dengan dengan rutin melakukan pembersihan pada bagian penampungan air bersih minimal satu kali dilakukan dalam satu bulan.
Selain pembersiahn penampungan air, PDAM Tirta Barito juga menurut Muhidin melakukan kerjasama dengan Dinas Kesehatan Barito Selatan dalam hal pengawasan untuk tingkat kelayakan air yang didistribusikan, diantaranya untuk mengukur PH, kekeruhan, bakteriologi dan lainnya.
“Jadi itu semua ditangani oleh pihak Dinas kesehatan Barsel dan PDAM Buntok. Setiap tiga bulan sekali rutin dilakukan guna menjaga kualitas air yang disuplay di masyarakat,” katanya.
Muhidin juga membeberkan, kalau pihaknya juga tetap berupaya menjaga agar kelancaran air yang dialirkan. Seperti saat ini pihaknya tengah melakukan wash out dilapangan dan sekaligus mengontrol juga melakukan pembersihan dibeberapa bagian pada pipa.
“Kendati saat ini kemampuan pendiribusian air yang dikeluarkan masih belum begitu sepenuhnya dibanding dengan kebutuhan tujuh ribu lebih sambungan. Namun, kedepannya jika kapasitas 50 liter perdetik sudah bisa di pungsikan, Inshyaallah suplay air bersih sebagai kebutuhan utama masyarakat akan bisa lebih maksimal dalam hal kelancaran, kebersihan, kelayakan dan termasuk pelayanan juga akan lebih meningkat lagi sesuai dengan standar permenkes yang telah di amanatkan,” tambah Muhidin. (Taufik Hidayat)
Discussion about this post