KALAMANTHANA, Kasongan – Sudah dua hari pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Katingan di Kota Kasongan mengeluh. Pasalnya, pendistribusian air bersih mengalami kendala.
Kepala PDAM Kabupaten Katingan Adiansyah menegaskan, pihaknya menyampaikan permohonan maaf kepada warga Katingan karena penyaluran air yang mengalami hambatan.
“Pendistribusian air PDAM mulai dari Sabtu (5/3/2022) tidak mengalir dengan normal karena PDAM hanya bisa menyalurkan air selama satu hingga dua jam saja. Hal ini dikarenakan saluran air baku PDAM kering,” katanya, Minggu (6/3/2022).
Petugas teknis PDAM masih menghidupkan kembali pompa air baku yang lama. Tindakan sekarang masih mengambil pompa cadangan dari Tumbang samba untuk merakit pompa langsung ke sungai.
Baca Juga: Polisi Amankan RH, Pelaku Pencurian Pompa Air PDAM Katingan
“Kami terus memperhatikan kebutuhan pelanggan. Sulitnya akses penyaluran air ini secepatnya ditindaklanjuti. Apalagi, persoalan penyaluran air tersebut menjadi salah satu kebutuhan rumah tangga yang bersifat prioritas dan urgensi,” ujarnya.
Ia menyebutkan, distribusi air kepada pelanggan dan dioperasikan pihak PDAM hanya dua hari saja yang tidak mengalir kepada warga. “Iya mulai dari hari Sabtu kemarin dan hari ini (Minggu, red), ” jelas dia.
Sejauh ini, seluruh peralatan sudah diperiksa dan tidak ada peralatan yang yang mengalami kerusakan dan dalam keadaan yang baik.
” Persoalan hanya pada jalur air baku yang menuju ke pompa untuk pendistribusian air yang kekeringan. Akibatnya, penyaluran air menjadi tidak optimal dan terhambat, ” bebernya.
Kendati demikian, ia memastikan penyaluran air secepatnya ditangani dan akan kembali lancar dan aktif kepada pelanggan.
” InsyaAllah dan mudah-mudahan satu atau dua hari kedepan bisa kembali normal dan pelanggan dapat menikmati air demi kebutuhan rumah tangga, ” tambah Adiansyah. (hr)
Discussion about this post