KALAMANTHANA, Kuala Pembuang – Banyak kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang sudah dilakukan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR), seperti pelatihan menulis puisi modern, branding tempat wisata dan lainnya.
Kali ini, UMPR melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat (Pengmas) menyasar kepada masyarakat pesisir dengan tema “Pelatihan Strategi Pemasaran Produk Unggulan Olahan Hasil Ikan Bagi Masyarakat Pesisir Pantai”.
Kegiatan berlangsung di Jalan Simpang Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah, 23 Juni 2022 dengan tim yang diketuai Arna Purtina, M.Pd dan dua anggota yakni Dr. Sonedi, M.Pd serta Ahmad Syarif, M.Pd.
Kegiatan pelatihan dibuka oleh Arna Purtina, sekaligus sebagai perwakilan dari Tim Pengmas di bawah naungan LP2M Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.
Adapun materi yang disampaikan pada sosialisasi ini berkaitan dengan pentingnya memiliki strategi pemasaran dalam usaha yakni;
1. Meningkatkan penjualan
2. Menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan bagi perusahaan
3. Memahami apa yang diinginkan oleh pelanggan
4. Dapat memenuhi kebutuhan dan melebihi harapan pelanggan
Arna Purtina menjelaskan, stategi yang disampaikan meliputi bauran pemasaran 4P (Produk, Harga, Tempat dan Promosi). Selain hal tersebut, Tim juga membantu pembuatan akun market place (facebook dan istagram).
Baca Juga: Dosen UMPR Latih Warga Sungai Baku Branding Tempat Wisata Pulau Seribu Cemara
Antusiasme peserta sosialisasi sangat besar hingga banyak ide-ide baru yang dapat mereka tuangkan dalam bentuk pemberian merk produk, kemasan yang lebih menarik dan lain-lain.
Kegiatan menurut Arna Purtina, selain membawa manfaat secara langsung kepada masyarakat, juga menjadi bagian dari Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang di dalamnya ada pengajaran, pengabdian, penelitian, dan Al Islam Kemuhammadiyahan yang menjadi ciri khas perguruan Muhammadiyah. (srs)
Discussion about this post